Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Rambut adalah mahkota wanita, mungkin dijaman sekarang rambut tidak saja menjadi mahkota untuk wanita, pada dasarnya jaman modern ini pria juga sangat memperhatikan penampilan mereka termasuk model dan trend rambut masa kini. Bahkan tidak sedikit para pria jaman sekarang yang tidak malu lagi untuk masuk ke salon hanya untuk melakukan perawatan rambut mereka.

Sayangnya, pria terkadang tidak menyadari bahwa beberapa kebiasaannya dapat mempercepat kerontokan rambut, yang menjadi penyebab kebotakan. Sebuah penelitian telah menemukan penyebab kebotakan, yakni karena adanya gen yang menyebabkan kegagalan produksi dan perkembangan sel-sel rambut. Namun, para ilmuwan belum berhasil menemukan metode yang efektif untuk mengobati kebotakan.

Berikut beberapa hal yang menyebabkan rambut rontok dan cara mengatasinya seperti dibawah ini :

1. Sarapan

Rambut terdiri dari keratin yaitu zat yang akan memberikan kekuatan pada rambut. Philip Kingsley, seorang konsultant trichologist mengatakan, terlalu sedikit protein seperti daging merah, ikan, telur, ayam) sangat mempengaruhi tingkat keratin, rambut akan kehilangan tenaga dan berhenti tumbuh.

Sarapan merupakan jadwal makanan yang paling penting untuk meningkatkan folikel rambut.

2. Jangan Menggosok Kepala Terlalu Keras Saat Berkeramas

Selain akan menyakiti kulit kepala anda dan menarik akar rambut, ini bahkan bisa merusak folikel rambut. Sangat penting untuk memperlakukan kulit kepala anda secara lembut saat berkeramas, dan jangan pernah menarik rambut dengan sisir.

Kerontokan rambut biasanya akan berhubungan dengan timbulnya ketombe, eksim atau dermaitis yang ditandai dengan gangguan kulit kepala, seperti gatal atau bersisik. Kemunculan gangguan yang menimbulkan peradangan yang mempunyai efek buruk pada folikel rambut.

3. Jangan Mewarnai Rambut

Ada beberapa fakta dari penggunaan bahan yang terbuat dari pewarna rambut minyak bisa merusak folikel rambut. Selain itu, dapat menyebabkan rambut berhenti tumbuh. Hal ini berlaku terutama bila pewarna rambut dipakai terus menerus untuk waktu yang lama.

4. Relaksasi

Philip Kingsley mengatakan mempunyai kelebihan hormon pada pria mungkin tidak terdengar buruk, tetapi testosteron dan dihydrotestosterone (DHT) bisa mempunyai efek buruk pada bagian-bagian tertentu dari folikel rambut.

Mereka meresap ke dalam batang rambut dan menyebabkan penipisan, kemudian membuat rambut terlihat tidak sehat dan rambut akan berhenti tumbuh. Hal ini cenderung terjadi pada pria yang mengalami stres. Tubuh mereka akan menghasilkan kelebihan hormon dan kemungkinan besar akan mengalami kerontokan rambut.

5. Tingkatkan Asupan Zat besi

Kekurangan zat juga bisa menyebabkan rambut rontok. Tidak mempunyai zat besi yang cukup, tingkat feritin akan turun ( feritin merupakan molekul yang menyimpan zat besi dalam tubuh dan melepaskan dengan cara yang terkontrol). Pada umunya, ini akan menganggu siklus pertumbuhan rambut yang normal dan meningkatkan rambut rontok. Untuk membantu mengurangi kerontokan rambut anda, ada baiknya mengkonsumsi makanan kaya zat besi, seperti daging merah, sayuran hijau tua, kacang-kacangan dan buah-buahan.

6. Berhenti Merokok

Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Archives of Dermatology menunjukkan bahwa selain menyebabkan kanker dan penyakit jantung, merokok juga dapat membuat rambut rontok.

Diperkirakan bahwa, selain menyebabkan kerusakan pembuluh darah perifer dalam tubuh, merokok juga bisa merusak suplai darah ke folikel rambut. Dampak lain yang akan mempengaruhi folikel rambut dan menyebabkkan rambut rontok.


=====================================

>>> Obat Rambut Rontok dan Penumbuh Rambut Baru – Hair Growth Serum Rudy Hadisuwarno, Untuk Mengatasi Penyebab Rambut Rontok, Menyuburkan Rambut Agar Rambut Tumbuh Dengan Tebal, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>